Home / Berita Umat / 900 Petugas Haji Diberangkatkan ke Arafah

900 Petugas Haji Diberangkatkan ke Arafah

SM| Mekkah–Waktu menunjukkan pukul 00.30 Waktu Arab Saudi (WAS) ketika Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Asep Subhana memerintahkan timnya untuk beristirahat. “Alhamdulillah, pemberangkatan petugas gelombang pertama telah selesai dilakukan,” kata Asep, Jumat (09/08).

Asep menuturkan, terdapat 900 petugas yang telah diberangkatkan dari Makkah menuju Arafah. Pemberangkatan dilakukan pada Kamis, 8 Agustus 2019 mulai pukul 21.00 waktu Arab Saudi. “Tepat dalam waktu tiga setengah jam, petugas gelombang pertama ini telah berhasil didorong menuju Arafah,” kata Asep.

Selanjutnya menurut Asep, hari ini akan dilakukan pemberangkatan jemaah serta petugas haji menuju Arafah secara bertahap. “Kita harapkan seluruh petugas dan jemaah telah terangkut semua ke Arafah sebelum tengah malam,” ujar Asep.

Asep menyampaikan, untuk pemberangkatan jemaah akan dibagi dalam tiga trip. Trip pertama, berlangsung pada pukul 07.00 – 12.00 WAS pagi ini. Dilanjutkan dengan trip kedua yang dilakukan siang hari, mulai pukul 12.00 – 16.00 WAS.

“Terakhir kita akan berangkatkan pada pukul 16.00 – 24.00 WAS,” jelasnya.

Sementara, menurutnya pemberangkatan petugas rencananya akan dimulai pada pukul 17.00 WAS. “Rombongan Amirul Hajj akan menjadi rombongan pertama yang diberangkatkan pada trip pemberangkatan petugas hari ini,” ujarnya.

Sementara Kepala Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid menyampaikan bahwa petugas yang diberangkatkan semalam berasal dari berbagai unsur. Mulai dari mereka yang bertugas di posko komando (Pokdo) Arafah, tim kesehatan, tim pengawas katering (waskat), hingga pengawas maktab (wastab).

“Mereka yang bertugas sebagai waskat dan wastab kita berangkat kan lebih dahulu, untuk memastikan lagi bahwa semua konsumsi dan akomodasi telah siap untuk menerima kehadiran para jemaah yang akan tiba pagi ini di Arafah,” ungkapnya. [nk]

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Pemkot Jaksel Bahas Sister Masjid Bersama Ulama

SM| Jakarta–Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menggelar acara Sarasehan Ulama Umaro Jakarta Selatan, Rabu (7/8). …

Translate »