Home / Khazanah / Dunia Islam / 60 Persen dari 9.400 Masjid di Saudi Sajikan Buka Gratis

60 Persen dari 9.400 Masjid di Saudi Sajikan Buka Gratis

RIYADH, (SM)–Sejak awal Ramadan, ribuan umat Islam memadati Masjidil Haram  untuk menikmati buka puasa gratis. Hidangan makanan berada di tenda-tenda dekat dengan masjid dan praktek buka gratis ini akan berlanjut sampai bulan Ramadhan berakhir.

Ini tradisi Islam sejati yaitu menawarkan iftar gratis diduga dipraktekkan dalam setidaknya 60 persen dari 94.000 masjid yang ada di Arab Saudi, demikian menurut perkiraan Wakil Menteri Urusan Islam Abdullah Al-Huwaimil.

Seperti yang dipantau oleh Arab News beberapa masjid di Riyadh menyajikan makanan pembuka saat matahari terbenam sesuai dengan tradisi Nabi Muhammad (saw).

Setelah puasa batal, hidangan makanan lengkap yang terdiri dari sup, nasi, roti panggang atau dimasak ayam atau dicampur daging dengan sayuran, permen atau buah-buahan yang tersedia untuk jamaah.

Di beberapa lokasi mungkin ada Kabsa (nasi tradisional dengan ayam, domba, unta atau merpati) yang disajikan setelah shalat.

Sebagian besar orang yang datang ke tenda untuk berbuka puasa adalah ekspatriat Muslim; mereka dari Bangladesh, Afghanistan, Pakistan, India, Mesir dan Ethiopia.

Dr Abdul Aziz Turkistani, yang merupakan mantan penasehat menteri urusan Islam, memperkirakan tentang jumlah makanan dan biaya mereka. “Sekitar 4,2 juta makanan buka puasa gratis yang ditawarkan di Dua Masjid Suci (sekitar 4 juta di Masjidil Haram di Makkah dan sekitar 200.000 makanan di Masjid Nabawi di Madinah), saya memperkirakan jumlah makanan yang ditawarkan di masjid-masjid lain mencapai 3 juta sehari,” katanya. [FR]

 

 

Komentar

About redaksi

Mau kirim tulisan kegiatan masjid? Hubungi 0817-19-5001 Terima kasih

Check Also

Studio Dansa Disulap Jadi Masjid di London

SM| London–Markas Asosiasi Muslim Kanada (MAC) baru saja dipindahkan dari 366 Oxford St E ke …

Translate »